RajaKomen
Nikah Siri Pengin Diresmikan ke negara ? ini Langkahnya

Nikah Siri Pengin Diresmikan ke negara ? ini Langkahnya

31 Okt 2021
754x
Ditulis oleh : FDT

Hukum negara cuma mengaku terdapatnya pernikahan jikalau dicatat ke negara, walaupun masih tetap membiarkan pernikahan secara agama saja. Lantas bagaimana kalau yang Nikah Siri terakhir berganti pemikiran pengin mendaftar ke negara?

Saya memanfaatkan jasa nikah siri 2 tahun saat lalu. Atas satu dua perihal, saat ini kami pengin mendaftar dengan cara resmi pernikahan kami ke negara. Namun bagaimana langkahnya?

Pernikahan secara siri atau di balik tangan secara hukum agama yang diikutinya syah jikalau syarat serta rukun nikah tercukupi. Namun nikah nikah siri tak dianggap secara hukum negara sebab tak terdaftar dalam oleh catatan negara. Hal tersebut tercantum dalam Pasal 2 ayat (1 ) serta ayat (2) UU Perkawinan:

Pernikahan dipastikan syah jikalau dikerjakan menurut hukum agama serta keyakinan semasing faksi serta dicatat menurut ketentuan perundang-undangan yang berlangsung.

Karena itu jikalau pernikahan dikerjakan secara siri karena itu dipandang tak ada perkawinan menurut hukum negara.

  • Cara Nikah Siri Agar Mendapati Pernyataan Negara 

Lantas bagaimanakah biar nikah siri itu jadi menjadi syah secara hukum negara serta terdaftar oleh negara? Adalah langkahnya bisa dikerjakan dengan itsbat nikah/legitimasi nikah. Masalah ini diperjelas dalam Gabungan Hukum Islam (KHI) Pasal 7 seperti berikut:

Perkawinan cuma bisa dinyatakan dengan Akte Nikah yang dibikin oleh Karyawan Pencatat Nikah. 

Dalam soal perkawinan tidak bisa dinyatakan dengan Akte Nikah, bisa disampaikan itsbat nikahnya ke Pengadilan Agama.

Itsbat nikah yang bisa disampaikan ke Pengadilan Agama terbatas terkait perihal-perihal yang terkait dengan: 

Terdapatnya perkawinan dalam rencana penuntasan perpisahan; 

  • Lenyapnya Akte Nikah 
  • Terdapatnya kebimbangan mengenai syah ataupun tidak salah satunya syarat perkawian 
  • Adanyan perkawinan yang berlangsung saat sebelum berfungsinya Undang-undang No.1 Tahun 1974 dan; 

Perkawinan yang telah dilakukan oleh mereka yang tak miliki rintangan perkawinan menurut Undang-Undang No.1 Tahun 1974.

  • Syarat Nikah Siri Agar dapat di sahkan

Setelah itu apa yang wajib dikerjakan oleh Saudara berkaitan itsbat nikah ? Menurut Jasa Nikah Siri Dalam Pasal 7 ayat (4) diperjelas:

Yang memiliki hak ajukan permintaan itsbat nikah adalah suami atau isteri, anak-anak mereka, wali nikah serta faksi yang mempunyai kepentingan dengan perkawinan itu. Dari keterangan di atas Saudara bisa ambil langkah seperti berikut:

Pertama : Saudara bisa ajukan permintaan itsbat nikah sendiri atau lewat kontribusi Instansi Kontribusi Hukum (LBH) pada Pengadilan Agama di tempat (rumah saudara). 

Buat muslim serta pada Pengadilan Negeri buat non muslim. Dengan awal mulanya mengharap informasi pada Kantor Pekerjaan Agama (KUA)/Kantor Catatan Sipil kalau perkawinannya belum terdaftar, jadi kelengkapan document pada pengadilan agama/pengadilan negeri.

Ke-2  : Tunggu panggilan pengadilan pengadilan untuk sidang itsbat nikah dan Hadiri sidang pengadilan itsbat nikah. 

Ke-3  : Mendapatkan ketetapan pengadilan berkaitan itsbat nikah yang dimohonkan Jikalau permintaan itsbat nikah diloloskan oleh pengadilan, pengadilan akan keluarkan surat ketetapan itsbat nikah 

serta setelah itu untuk dibawa pada KUA untuk mencatat pernikahannya serta mendapati buku nikah dari KUA.

  • Hukum Nikah Siri Dalam Warga

Hukum nikah Siri masih berasa tabu di kelompok masyarakat. Buat mereka yang cuma membaca, masih terasa aneh, atau sampai risi dengan nikah siri. 

Kejadian nikah siri yang berlangsung dalam masyarakat, membikin sejumlah kita ajukan pertanyaan, apa hukum Jasa nikah siri serta bagaimana penglihatan Islam serta negara pada nikah siri? Apa syah hukum menikah siri?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, nikah siri dideskripsikan seperti berikut :

  1. Nikah Siri pernikahan yang cuma dilihat dengan seseorang modin serta saksi, tak lewat Kantor Pekerjaan Agama, berdasar agama Islam telah syah 
  2. Sesungguhnya uraian itu cuma sebagai salah satunya wujud dari nikah siri dalam khazanah fikih islam. Grup nikah siri sendiri dapat mengarah pelbagai Makna nikah dalam pembicaraan fikih kontemporer seperti nikah urfi, nikah siri, nikah misyar, nikah misfar, nikah shadiq, serta nikah online 
  3. Karena itu ada dua makna yang nyaris serupa sekalian cukup jadi wakil dalam pembicaraan ini adalah nikah urfi serta nikah siri.

Ringkasan Mengenai Jasa Nikah Siri

  1. Simpelnya Jasa Nikah Siri syah secara syar'i sebab telah sama dengan sabda Rasulullah "Tak ada nikah terkecuali dengan wali serta dua saksi adil."
  2. Meski negara tak larang kelakuan nikah siri berdasar pada pasal 2 ayat (1) UU RI nomor satu tahun 1974 serta Gabungan Hukum Islam (KHI) pasal 4, namun kalau mengevaluasi efek dari nikah siri yang tak miliki kekuatan hukum, karena itu nikah siri dapat berpengaruh di tak terdapatnya agunan pada hak-hak suami anak dan istri turunannya, karena itu dalam perihal itu nikah siri sudah menyelisihi sabda Rasulullah "Jangan  mencelakakan diri kita atau pihak lain."
  3. Lebih baik kalau pernikahan itu dirayakan jadi wujud informasi biar tidak berlangsung prasangka dalam warga. Demikianlah memanglah dasar pernikahan islami seperti sabda Rasulullah " Informasikanlah pernikahan."
Berita Terkait
Baca Juga:
2 Minyak Esensial Redakan Kecemasan

2 Minyak Esensial Redakan Kecemasan

Obat Herbal      

3 Feb 2020 | 1141


Minyak esensial merupakan hasil ekstraksi dari berbagai tumbuhan yang bisa memberikan nutrisi mikro dan juga makro dengan ukuran yang tidak terhingga. Selain itu, minyak esensial dapat ...

Menguak Janji Politik Prabowo: Upaya Meningkatkan Kekuatan KPK dalam Kontroversi Nepotisme

Menguak Janji Politik Prabowo: Upaya Meningkatkan Kekuatan KPK dalam Kontroversi Nepotisme

Motivasi      

16 Feb 2024 | 76


Isu penindakan tindak pidana korupsi menjadi salah satu topik yang dibahas dalam debat calon presiden yang diselenggarakan di Jakarta pada hari Selasa, 12 Desember 2023. Penyelesaian ...

Membangkitkan Rasa percaya Diri Setelah Tenggelam Dalam Keterpurukan

Membangkitkan Rasa percaya Diri Setelah Tenggelam Dalam Keterpurukan

Motivasi      

12 Sep 2019 | 1171


Membangkitkan Rasa percaya Diri Setelah Tenggelam Dalam Keterpurukan - Beragam kisah motivasi yang dapat membangkitkan seseorang dari keterpurukan. Hal ini dapat disalurkan ...

Atasi Depresi Dengan 4 Bahan Alami Ini

Atasi Depresi Dengan 4 Bahan Alami Ini

Obat Herbal      

23 Feb 2020 | 1154


Pada zaman sekarang, setiap orang sudah mulai terbuka dengan kondisi yang sedang ia alami khususnya kondisi mental illness. Tidak sedikit dari kita mulai membuka diri untuk menunjukan ...

6 Tips Memilih Dan Membeli Karpet Masjid Berkualitas

6 Tips Memilih Dan Membeli Karpet Masjid Berkualitas

Tips      

21 Mei 2019 | 1928


Memilih karpet masjid yang bagus, nyaman dan berkualitas dapat meningkatkan kualitas sholat bagi para jamaah masjid atau musholah. Jangan sampai Anda salah dalam memilih dan membeli karpet ...

Inovasi Pembelajaran dalam Pendidikan Bisnis Digital: Memanfaatkan Teknologi untuk Pengalaman Interaktif

Inovasi Pembelajaran dalam Pendidikan Bisnis Digital: Memanfaatkan Teknologi untuk Pengalaman Interaktif

Pendidikan      

1 Sep 2023 | 257


Pendidikan bisnis digital mengalami transformasi yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, seiring dengan kemajuan teknologi digital yang pesat. Program studi bisnis digital yang maju ...

Copyright © KabarCepat.com 2018 - All rights reserved